Pages

Globalisasi, Teknologi, Media Massa, dan Perubahan Sosial

1.     Social Change

Gambar 1.1 Social Change
1.1  Theory of Social Change
- Teori Evolusi
Memandang masyarakat bergerak ke arah yang pasti, umumnya maju ke keadaan yang lebih tinggi.
- Teori Fungsionalis
Fokus pada apa yang mempertahankan sistem, bukan apa itu perubahan
• Equilibrium model : sebagai perubahan yang terjadi di salah satu bagian dari masyarakat, harus ada penyesuaian di bagian lain.
- Teori Konflik
Perubahan yang diperlukan untuk memperbaiki ketidakadilan sosial dan ketidaksetaraan.

1.2   Global Social Change : Perubahan sosial tidak selalu mengikuti periode dari disintegrasi internal

1.3  Resistance to Social Change
- Faktor ekonomi dan budaya
Upaya untuk mempromosikan perubahan sosial yang cenderung untuk bertemu dengan resistensi.
• Vesten Interests : orang atau kelompok yang menderita akan hal perubahan sosial.
• Culture Lag : periode ketidakmampuan ketika budaya nonmaterial masih berjuang untuk beradaptasi dengan kondisi materi baru.
- Resistence to Technology
• Luddities : Menanggapi revolusi industri, beberapa kelompok menggerebek pabrik dan mesin yang hancur.

2.     Technology
Gambar 2.1 Technology
Merupakan informasi tentang bagaimana menggunakan sumber daya material dari lingkungan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia.

2.1  Computer Technology
Dekade terakhir terjadi ledakan teknologi komputer yang terjadi di Amerika Serikat dan di seluruh dunia.

2.2  Biotechnology
Memegang sendiri sebagai sesuatu yang benar-benar bermanfaat bagi manusia, tetapi membutuhkan pemantauan konstan. Dapat memungkinkan untuk mengubah hewan dan juga perilaku manusia.

2.3  Social Policy and social change
Transnasional : Imigran yang mempertahankan beberapa hubungan sosial yang menghubungkan masyarakat asal mereka dengan masyarakat pemukiman.

3. The Mass Media

Gambar 3.1 Mass Media

3.1  Sociological Perspectives of the Media

3.1.1 Fungsionalist View
• Enforcer of Social Norms : Media menegaskan kembali perilaku yang tepat dengan menunjukkan apa yang terjadi pada orang-orang yang melanggar harapan masyarakat.
• Conferral of Status : Salah satu dari ribuan masalah yang sama ditempatkan atau orang lain untuk menjadi signifikan.
• Promotion of Consumption : Media advertising dapat mendukung ekonomi, memeberikan informasi, dan polis biaya dari media.
• Surveillance of the Social Environment : Surveillance Function : pengumpulan dan distribusi informasi mengenai kejadian di lingkungan sosial.
• Dysfunction : The Narrcotizing Effect 
Narcotizing Dysfunction : Fenomena dimana media memberikan sejumlah besar seperti informasi audiens yang menjadi mati rasa dan gagal untuk bertindak atas informasi.

3.1.2 Conflict View
• Gatekeeping : bagaimana bahan harus melakukan perjalanan melalui serangkaian pemeriksaan sebelum mencapai publik.
• Dominant ideology : mengatur keyakinan dan praktik budaya yang membantu untuk mempertahankan kepentingan sosial, ekonomi, dan politik yang kuat.
•Stereotypes : generalisasi tidak dapat diandalkan tentang semua anggota kelompok yang tidak mengakui perbedaan individu dalam kelompok.

3.1.3 Feminist View
Feminis berbagi pandangan konflik teori bahwa stereotip media massa menggambarkan realitas sosial. Dan wanita juga kurang terwakili.

3.2  The Audience
Peran dari penonton yaitu sebagai pemimpin opini intrik penelitian sosial
• Opinion leader : seseorang yang melalui hari-hari kontak pribadi dan komunikasi, pengaruh pendapat dan keputusan orang lain.
- Audience behavior

Respon sering dipengaruhi oleh karakteristik sosial yaitu pendudukan, ras, pendidikan, dan juga pendapatan.

REFERENSI:
Dirangkum dan disarikan dari PPT Binus Maya Globalisasi, Teknologi, Media Massa, dan Perubahan Sosial pertemuan ke-11

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Bagus..,bisa menambah pengetahuan..

Posting Komentar